Google+

KLCBS Special Review : Titian Karir Terbaru ITB Oktober 2015 bersama Direktur ITB Career Center

Leave a comment

October 21, 2015 by ITBCareerCenter

Berkaitan dengan event Titian Karir ITB pada tanggal 23-25 Oktober 2015, pagi ini, 21 Oktober 2015, KLCBS Radio 100.40 fm mengadakan wawancara khusus secara on air dengan Direktur ITB Career Center, bapak Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST. MT. pada pukul 09.15-10.00 dalam sesi KLCBS Special Review.

Sebagai prolog sebelum wawancara, penyiar menyampaikan tentang besarnya peran perguruan tinggi terkemuka untuk mendidik dan menghasilkan SDM profesional dengan keahlian tertentu yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi di Indonesia yang semakin positif, kebutuhan SDM yang profesional pun bertambah. Agar terjadi keseimbangan antara permintaan dan ketersediaan SDM, ITB Career Center kembali menggelar Titian Karir Terpadu ITB yang akan berlangsung Jumat hingga Minggu, 23 – 25 Oktober 2015 bertempat di Gedung Sasana Budaya Ganesha ITB. Mengetahui lebih jauh tentang hal tersebut kita akan berbincang-bincang dengan Direktur ITB Career Center, Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST. MT., live dari studio KLCBS.

foto wawancara TKT Okt 2015 Pak Bambang dg KLCBS 21 Okt 2015Question (Q): Pak Bambang selamat pagi, selamat datang kembali di studio KLCBS

Answer (A): Selamat pagi

Q: Sebelum kita berbincang mengenai event Titian Karir ITB yang terbaru pada akhir pekan ini, bisa dijelaskan tentang profil atau perjalanan Titian Karir ITB sampai saat ini?

A: Iya, Titian Karir ITB itu sebenarnya sudah tradisi dan sudah sekian lama di ITB, mungkin saat ini sudah event yang ke-20. Saya juga tidak hafal ini yang keberapa. Dulu (acara ini) diadakan satu tahun sekali di bulan Oktober, namun sejak tahun 2011 hingga saat ini, acara ini diadakan satu tahun dua kali karena permintaan meningkat, yaitu pada bulan April dan Oktober atau Mei dan Oktober. Biasanya acara ini diadakan sepekan sebelum atau sesudah wisuda dilaksanakan. Acara ini sebenarnya merupakan rangkaian kegiatan wisuda ITB untuk memudahkan akses peluang kerja bagi mahasiswa yang lulus saat itu, sehingga mereka dapat mencari kerja di kampus sendiri. Perusahaan-perusahan juga diundang untuk jemput bola di kampus. Itu tentang sejarah dari acara ini.

Q: Kalau yang saat ini sebelum atau sesudah?

A: Sekarang setelah wisuda pekan lalu

Q: Kalau saat ini bagaimana perkembangan Titian Karir ITB dari profil, perusahaan, lulusan dalam artian jumlah secara umum sebagai gambaran, seperti apa?

A: Sejak saya menjabat disini, perkembangan selalu meningkat. Tahun 2010 lebih banyak dari 2009, 2011 pun begitu, lebih banyak daripada sebelumnya. Dari jumlah partisipan perusahaan yang ikut juga semakin banyak. Tetapi sempat mengalami penurunan sedikit, sekitar 10 perusahaan tidak ikut, kemudian naik lagi. Paling besar kemarin di Oktober 2014, hampir 90 perusahaan tergabung dalam acara ini. Tetapi tahun ini kembali sedikit turun lagi sekitar 20%. kita belum tahu alasan penurunan partisipasi tersebut. Salah satu yang terlihat adalah dari bidang oil and gas yang biasanya ramai, karena memang selama ini mereka mencari bibit SDM dari ITB. Saat ini, beberapa perusahaan oil and gas tidak pernah ikut, termasuk Pertamina, freeze dahulu untuk tahun ini. Ini mungkin kesempatan bagi perusahaan-perusahaan lain yang bukan bidang oil and gas untuk bisa merekrut lebih banyak.

Q: Jadi kesempatan untuk menapatkan lulusan ITB yang lebih unggul ini lebih besar ya?

A: Iya, lebih besar.

Q: Dominasi perusahaan oil and gas menurun mungkin juga dikarenakan pertumbuhan ekonomi global yang saat ini sedang melambat. Kalau untuk event saat ini, semestinya dari sisi fasilitas dan sarana pendukung biasanya bertambah. Kira-kira program apa saja yang akan ada di Titian Karir ITB kali ini?

A: Dalam acara ini memang kita tidak hanya merekrut, tetapi juga ada exhibition dan jadwal presentasi. Kita ada tiga ruangan presentasi yang berjalan terus selama tiga hari sejak pagi hingga sore, pukul 09.00-17.00, setiap 1 jam, termasuk ketika jam istirahat. Setiap pengunjung dapat memilih ingin mengikuti presentasi mana saja yang dibutuhkan. Bagi yang ingin mendengarkan presentasi, jadwal presentasi perusahan dapat dilihat di web titian karir (https://karir.itb.ac.id/titiankarir/presentation). Selain itu, tentang rekrutment, kebiasaan yang terjadi, beberapa perusahaan sudah melaksanakan walking interview sejak hari pertama. Mereka biasanya tidak berlama-lama, setelah pelamar memasukkan CV di agi hari misalnya, siangnya langsung dilakukan follow up untuk interview atau tes apapun terserah perusahaan tersebut. Ada satu testimoni menarik dari salah satu perusahan yang terlibat, mereka menyampaikan, sayang sekali jika perusahaan mereka memproses pelamar dengan cara menunggu hingga dua bulan proses seleksi misalnya, nanti talent berbakat yang telah dipilih ‘keburu’ tidak ada semuanya.

Q: Baik, jadi ada pameran, presentasi, rekrutmen. Kalau untuk pendukung bagi mereka yang mencari pekerjaan bagaimana Pak?

A: Oh ya saya belum cerita. Yang kedua, kita juga ada konseling karir free untuk semua pengunjung, baik secara individu maupun kelompok, kita sediakan psikolog sekitar 4-5 orang yang akan membantu konsultasi di ruangan khusus. Kita juga ada beberapa pelatihan nanti disana, namun persisnya nanti akan diinformasikan lagi (untuk lebih jelas bisa selalu update informasi melalui akun media sosial maupun website ITB Career Center).

Q: Tentang perusahaan yang akan berpartisipasi dalam acara akhir pekan aini ada berapa banyak dan profilnya seperti apa saja, kemudian kalau ada yang baru barangkali dapat disampaikan apa saja?

A: Jumlah perusahaan sampai saat ini kurang lebih 65 perusahaan. Diantaranya yang menyewa booth jenis Gold, Bank Indonesia, PT. Garena (game developer) dan Shopee Mobile yang bergerak di bidang IT. Kemudian pada booth Silver ada Japanese Company Career Stage Six Consulting) sebuah agency yang menyalurkan pekerja untuk perusahaan-perusahaan di Jepang, PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk, General Electric, QUINTIQ, Schlumberger, Bank Mandiri, Unilever, Bank BTN, dan Lazada. Nah, sebagai keterangan tambahan, untuk oil and gas yang masih terlibat adalah Schlumberger. Pada booth standar terdapat PT Prysmian Cables Indonesia, HappyFresh, APRIL Asia, Bina Nusantara, HEINZ ABC, Astra Internasional (dengan 11 anak perusahaannya). (Selengkapnya dapat dilihat di https://karir.itb.ac.id/titiankarir/booth)

Q: Baik, kalau dilihat dalam list perusahaan yang terlibat banyak juga dari perbankan, artinya peluang ini juga terbuka bagi segala kalangan ya Pak, tidak hanya lulusan ITB, tetapi juga lulusan bidang ekonomi dan sebagainya?

A: Iya, memang. Mereka memang membuka lowongan untuk semua jurusan. Kalau dari ngobrol santai, bank juga suka mencari yang dari engineer karena nilai tambah yang bermanfaat pada pekerjaan pinjaman kredit yang berkaitan dengan proyek-proyek engineering.

Q: Tadi juga banya perusahaan bisnis online, apakah ini baru sekarang atau sudah sebelumnya?

A: Ini sudah dari 2-3 tahun lalu.

Q: Apakah karena perkembangan IT sedang menonjol saat ini?

A: Kalau saya boleh memberikan pandangan walaupun saya bukan bidang IT, IT itu kalau dapat talent 1-2 orang yang teliti, tekun dan cerdas itu luar biasa, harganya juga mahal. Itu musti dicari memang. apalagi perkembangan IT saat ini yang membutuhkan ide-ide inovatif, tentu membutuhkan supplai SDM yang berkompeten. Kunci IT itu ada pada inovasi, sedangkan kunci inovasi ada dalam kualitas SDM. Dan di situlah pentingnya rekrutmen.

Q: Tadi ita telah mendapat gambaran tentang perusahaan dan profilnya, serta program yang tersedia. Sedangkan untuk peserta ini apa yang harus disiapkan?

A: Pertama, untuk pengunjung itu bebas secara usia, dengan strata minimum D3, S1, S2, dan sebagian kecil S3. Paling banyak D3 dan S1. Jadi rekrutmen perusahaan juga beragam dari segi latar belakang pelamar yang dibutuhkan.

Q: Terkait dengan tips yang efektif ketika datang Titian Karir ITB ini seperti apa?

A: Saat ini agak berbeda, semua harus register dulu, dengan biaya Rp.30.000,00, lalu diberi bonus sebagai member minimal 3 bulan. Nanti otomatis dapat tiketnya gratis. Dapat juga mereka mengambil paket member 6 bula atau seumur hidup dengan Rp. 90.000,00. Silakan mengisi registrasi online di https://karir.itb.ac.id/titiankarir/tiket. Sistem ini juga untuk mengurangi peluang kejahatan yang mungkin terjadi.

Q: Lalu apa yang harus dipersiapkan oleh peserta dalam acara ini?

A: Sebaiknya menggunakan pakaian yang pantas, formal dan rapi. Kemudian membawa tiket yang telah di print atau bila tidak sempat print, menunjukkan bukti tiket melalui gadget yang dibawa. Kemudian membawa berkas lamaran berupa CV, ijazah, maupun surat lamaran dalam bentuk hard copy dan soft copy agar memudahkan proses pelamaran kerja sesuai dengan yang diminta masing-masing perusahaan.

Q: Baik ini ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab. Pertama, tentang HTM dan benefitnya, kedua, adakah lowongan teknik lain pada perusahan oil and gas, ketiga, apa masih ada waktu bila ada perusahaan yang ingin berpartisipasi, dan terakhir, tips sukses tempuh peluang kerja.

A: Baik, pertama, HTM nya Rp. 30.000,00 dengan benefit yang diperoeh adalah newsletter lowongan kerja 2 hari sekali melalui email dan bila ada kegiataan dalam masa keanggotaan tersebut, gratis bagi member. Kedua, ya ada. Ketiga, masih bisa sampai H-1 melalui kontak kantor kami dapat dihubungi melalui https://karir.itb.ac.id/titiankarir/contact. Keempat, baca informasi selengkapnya dalam web https://karir.itb.ac.id/titiankarir, lalu pahami dengan betul booth map, jadwal presentasi. Kemudian buatlah CV yang efektif dan sesuai dengan job position yang dicari. Selebihnya dapat bertanya melalui kontak kami dalam website.

Sekian catatan informasi tentang Titian Karir Terpadu ITB dalam KLCBS Special Review, sampai bertemu di Sasana Budaya Ganesha, 23-25 Oktober 2015, fight for your future, guys!🙂

(ir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: