Google+

ITB Tracer Study

Leave a comment

December 9, 2014 by ITBCareerCenter

Tracer Study atau yang sering disebut survey alumni atau “follow up” adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara tinggi. studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi.

Tracer Study bertujuan untuk mengetahui hasil pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, keluaran pendidikan berupa penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi serta input kependidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi lulusan.

Saat ini hampir seluruh Universitas di Indonesia telah melaksanakan Tracer Study guna mendapatkan masukan dan evaluasi bagi perbaikan kurikulum dan kualitas alumninya. ITB sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia juga telah mengembangkan Tracer Study sejak tahun 2010. Pada awalnya Tracer Study ini dilakukan secara bertahap ke beberapa jurusan tertentu yang akan mengikuti akreditasi internasional.

Pada Tahun 2012 Tracer Study yang dilakukan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tracer Study yang akan dilaksanakan pada Tahun 2012 dan tahun-tahun berikutnya tidak hanya dilakukan pada beberapa jurusan, tetapi untuk semua jurusan yang ada di Institut Teknologi Bandung. Sistem penelusuran yang digunakan sudah terintegrasi dalam web tracer yang dapat diisi oleh seluruh alumni ITB, sehingga proses pengisian dan pendataan akan lebih mudah dan lengkap dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan Tracer Study yang dilaksanakan oleh ITB Career Center memberikan manfaat secara langsung bagi Institut Teknologi Bandung. Hasil studi yang dilakukan setiap tahun dilaporkan kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, untuk kemudian dilakukan pembahasan dan evaluasi bagi perkembangan dan perbaikan kurikulum. Selain itu, hasil studi yang dilakukan juga sangat bermanfaat bagi akreditasi internasional (ABET) yang akan mendukung peningkatan peringkat masing-masing Program Studi (Prodi) yang ada di Institut Teknologi Bandung.

Hasil Tracer Study yang telah dijalankan di ITB sejak tahun 2010 dapat anda peroleh di tautan berikut: https://karir.itb.ac.id/tracerstudy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: