Google+

[EVENT] Mandiri Talent Scout 2014

Leave a comment

October 3, 2014 by ITBCareerCenter

Pada hari Kamis (24/09/2014), Bank Mandiri bekerja sama dengan ITB Career Center untuk mengadakan acara “Mandiri Talent Scout 2014”. Acara ini diadakan salah satunya untuk menarik minat mahasiswa/i ITB ke dunia perbankan.

Panggung Mandiri Talent Scout 2014

Panggung Mandiri Talent Scout 2014

Prof Irawati (Wakil Rektor Bid Sumberdaya dan Organisasi)

Prof Irawati (Wakil Rektor Bid Sumberdaya dan Organisasi)

Mandiri Talent Scout 2014 dibuka oleh Wakil Rektor ITB bidang Sumberdaya dan Organisasi, yaitu Ibu Prof Irawati. Dalam sambutannya, beliau berkata bahwa para mahasiswa/i harus dapat bergaul seluas-luasnya dengan teman-teman dari berbagai jurusan, dan tidak hanya di lingkungan ITB saja, tetapi lingkungan lainnya. Selain itu beliau berpesan agar para mahasiswa/i dapat belajar dan bekerja dengan tekun, dimana pengalaman dan problem solving yang diperoleh dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah inovasi. Inovasi inilah yang membuat kita tidak mengikuti karya orang lain, tetapi mampu untuk menciptakan dan mengembangkannya.

Bapak Setyo Wibowo

Bapak Setyo Wibowo

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari pihak Bank Mandiri, yaitu Bapak Setyo Wibowo. Beliau adalah alumni ITB tahun 1995 dari jurusan Teknik Elektro. Dalam paparan beliau, Bank Mandiri adalah merupakan tempat untuk belajar yang baik, dimana banyak hal baru yang akan dipelajari di Bank Mandiri. Bank Mandiri sangat mendukung untuk pengembangan potensi dan karir setiap karwayannya. Mereka percaya bahwa “Leader Create Another Leader”. Hal inilah yang menjadi dasar untuk Bank Mandiri selalu memberikan kesempatan untuk para karyawannya untuk menjadi lebih baik.

Selanjutnya, merupakan acara puncak dari “Mandiri Talent Scout 2014” yaitu sharing session dari Bapak Budi G. Sadikin, Direktur Bank Mandiri yang merupakan alumni ITB dari jurusan Teknik Fisika tahun 1988 dengan judul “Becoming Indonesian’s Next Top Leader”.

Bapak Budi G. Sadikin

Bapak Budi G. Sadikin

Menurut beliau, karakteristik mahasiswa/i alumni dari ITB cenderung sombong, belagu, ingin langsung menjadi bos, kurang suka diperintah oleh orang lain dan kurangnya rasa kepedulian terhadap orang lain. Di Bank Mandiri, akan diajarkan bagaimana cara untuk meningkatkan rasa empati dan rasa rendah hati terhadap orang lain dengan program-program yang ada, misalnya ODP (Officer Development Program).

Bekerja di Bank Mandiri sebagai seorang bankir dapat berkontribusi terhadap negeri dengan cara mensejahterakan masyarakat. Misalnya program yang sedang digalakan oleh Bank Mandiri, yaitu Mandiri Mikro. Mandiri Mikro adalah sebuah program yang menyasar masyarakat kecil, misalnya pedagang kaki lima atau pedang di pasar, untuk menjadi nasabah di bank. Menurut data yang ada, jumlah penduduk Indonesia yang memiliki rekening di bank hanya sekitar 60 juta orang, jumlahnya kalah jauh dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang memiliki handphone. Dengan program Mandiri Mikro, para karyawan Bank Mandiri bertugas untuk memberikan gambaran dan pengetahuan kepada nasabahnya (masyarakat kecil) tentang dunia keuangan dan perbankan. Diharapakan dengan program ini, dapat membantu mensejahterakan perekonomian masyarakat Indonesia. Selain program Mandiri Mikro, ada juga program untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada para buruh migran (TKI) diluar negeri terutama di Hong Kong. Pelatihan yang diberikan mendorong para buruh migran untuk menjadi majikan migran, dimana mereka ketika kembali ke Indonesia dapat membuka usaha untuk meningkatkan taraf kehidupannya.

Bekerja di Bank Mandiri, para karyawan dituntut untuk kreatif dan inovatif. Misalnya bagaimana membentuk sebuah media promosi untuk generasi muda. Media promosi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan yaitu search engine kedua terbesar, Youtube. Bagaimana cara menarik minat para generasi muda untuk melihat video yang diunggah oleh Bank mandiri untuk mencapai jutaan viewer. Berikut ini contoh video yang mencapai jutaan viewer:

https://www.youtube.com/watch?v=w8Av6C9Ai4k

Bekerja di Mandiri dapat memberikan berbagai kesempatan untuk berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan wawasan kedaerahan dari setiap karyawan. Selain dapat berkunjung ke daerah, kesempatan untuk bertemu CEO perusahan besar, Menteri, maupun President. Selain itu kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sangat terbuka lebar. Bank Mandiri memberikan kesempatan untuk kuliah di Luar Negeri, tidak tanggung-tanggung, universitas yang dituju adalah TOP 5 Business School, yaitu Harvard Business School, Standford, atau London Business School.

wall quote

wall quote

” WE BELIEVE THAT PEOPLE IS THE POWER BEHIND OUR PURPOSE”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: