Google+

Kunjungan dari Contact Singapore (08/07/2013)

2

August 14, 2013 by theyanirma

Tamu kali ini datang dari Contact Singapore. Nama tamu kami adalah Mr. Lee Puay York. Kita panggil saja beliau Mr. Lee.

Too bad we did not take picture. This is Mr. Lee.

Too bad we did not take picture. This is Mr. Lee (taken from his LinkedIn account).

Ada yang tahu apa itu Contact Singapore? Contact Singapore adalah lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Tenaga Kerja yang berfungsi menyediakan informasi seputar dunia kerja kepada employer di Singapura.

Meskipun tidak eksplisit, salah satu misinya adalah talent hunting – menemukan “sumber” tenaga kerja profesional dari luar negeri untuk diboyong ke Singapura. Melalui pertemuan tempo hari, Mr. Lee berbaik hati memberikan gambaran tentang kebutuhan tenaga kerja saat ini di Singapura. Seperti apakah itu? Yuk kita bahas satu-satu.

Persyaratan Bekerja di Singapura

Berbeda dengan lowongan pekerjaan di Indonesia yang banyak menerima fresh graduate, tidak demikian dengan di Singapura. Menurut Mr. Lee, rata-rata perusahaan ternama di Singapura hanya merekrut tenaga kerja asing yang memiliki pengalaman kerja di bidang yang relevan minimal lima tahun. Mr. Lee bercerita tentang pengalaman mereka merekrut tenaga kerja dari Indonesia. Yang mendaftar banyak tetapi yang diterima sangat sedikit. Selidik punya selidik, hal ini disebabkan oleh profil para pelamar yang kebanyakan merupakan fresh graduate.

Jadi, kalau ada alumni perguruan tinggi yang lulus tahun 2013 lalu langsung bekerja, mungkin baru eligible untuk bekerja di Singapura pada tahun 2018. Sepengetahuan mimin nih ya, rata-rata lowongan kerja di negara maju memang mempersyaratkan pengalaman kerja minimal 3-5 tahun. Memang ada yang menerima fresh graduate tetapi jarang sekali.

Tentunya, berpengalaman saja tidak cukup. Kemampuan berbahasa Inggris juga menjadi faktor pertimbangan yang sangat menentukan peluang lolos tes perekrutan.

Bidang Studi yang Dicari

Kalau membicarakan Singapura, tadinya mimin pikir lowongan kerja yang dicari mayoritas akan berasal dari perbankan dan jasa keuangan lainnya. Nyatanya, Mr. Lee justru menekankan bahwa lowongan kerja yang saat ini tersedia banyak berasal dari bidang engineering, khususnya teknik perminyakan dan teknik sipil. Dari dua jurusan ini, ia juga memberikan kualifikasi tambahan, yaitu yang mengambil spesifikasi subsea (untuk teknik perminyakan) dan tunnel (untuk teknik sipil). Dari sini, bisa kita lihat kalau:

  1. Tren industri perminyakan memang bergeser dari onshore ke offshore drilling.
  2. Negara maju itu tidak kenal kata puas. Sewaktu ditanya mengapa membutuhkan tunnel engineer, Mr. Lee bercerita bahwa pemerintah di sana berencana mengembangkan Mass Rapid Transportation (MRT). Padahal, MRT di sana tergolong salah satu terbaik di dunia sehingga mendapatkan penghargaan “Best Passenger Experience” di Metro Awards 2008
    di Denmark.
  3. Dunia kerja profesional semakin terspesifikasi. Mungkin kalian sudah pernah dengar ini dari dosen semasa kuliah. Nyatanya ya begitu, kalau tujuannya adalah berkarier sebagai profesional, tentukan satu spesifikasi yang merupakan passion dan fokuslah di situ.

Hal lain yang saya catat (atau judge :p) adalah Singapura sepertinya belum begitu “ngeh” tentang kemajuan pembangunan kota-kota di Indonesia selain Jakarta. Meskipun mengaku lebih suka makan di warteg dekat ITB dibandingkan foodcourt di Grand Indonesia, Mr. Lee tampak terkejut ketika diberitahu bahwa Kalimantan tidak lagi tertutup hutan bahkan sudah sarat oleh pusat perbelanjaan.

2 thoughts on “Kunjungan dari Contact Singapore (08/07/2013)

  1. irwan hasan says:

    Saya ingin kerja bagian fashion mis designer, pattern making or cutting. Kira2 saya bs cari lowongan kerja di website apa ya? Bs minta keterangan ttg ini. Teeima kasih byk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: