Google+

Ingin Kerja di Jepang? Bisa!

41

July 5, 2013 by theyanirma

Belakangan ini, ITB Career Center seringkali didatangi tamu dari perusahaan Jepang (dan Korea) yang berminat untuk merekrut pegawai dari Indonesia. Kira-kira, apa penyebabnya, ya?

Yuk, kita telaah sebentar. Pada tahun 2011, World Bank mencatat gross domestic products (GDP) Jepang menempati peringkat ketiga di dunia. Sebagai perbandingan, Amerika Serikat menempati peringkat pertama, China peringkat dua, sementara Indonesia ada di peringkat ke-16. GDP yang disesuaikan dengan purchase power parity (PPP) per kapita Jepang pada tahun 2005-2011 menempati peringkat ke-24, sedangkan Indonesia berada di posisi ke-117. Singkat cerita, Jepang adalah negara maju dan Indonesia adalah negara berkembang.

Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang relatif lebih baik dari penduduk Indonesia. Namun, demografi Jepang menunjukkan potensi risiko yang cukup fatal untuk ekonomi mereka di masa depan yaitu: kekurangan tenaga kerja usia produktif! Data tahun 2010 menunjukkan bahwa populasi Jepang terdiri dari 13.2% penduduk usia 0-14 tahun, 63.7% usia 15-64%, dan 23.1% usia >65 tahun. Alhasil, perusahaan-perusahaan Jepang berbondong-bondong merekrut orang asing untuk bekerja di sana.

Salah satu negara yang potensial sebagai pemasok tenaga kerja adalah Indonesia. Konon, beberapa perusahaan Jepang merasa “sreg” mempekerjakan orang Indonesia karena faktor budaya. Hal ini diamini oleh salah satu tamu ITB Career Center yaitu Yokobe-san dari Stage 6, Ltd. Kedatangan Stage 6 beberapa waktu lalu bertujuan untuk menjalin kemitraan strategis dengan ITB Career Center dalam hal perekrutan tenaga kerja Indonesia untuk “diboyong” ke Jepang.

2012-11-19 10.52.25

Kunjungan Stage 6 ke ITB Career Center

Menilik tren ini, ITB Career Center berencana melakukan terobosan pada ITB Integrated Career Days bulan Oktober 2013 mendatang. Rencananya, akan ada area booth khusus yang diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan yang berdomisili Jepang untuk melakukan pameran dan perekrutan.

Tapi…

Lho? Apa “tapi”nya?

Tapi, teman-teman yang berminat harus bisa berbahasa Jepang untuk mendaftar. FYI, kemampuan berbahasa Jepang terdiri dari lima level yaitu N5 (paling pemula), N4, N3, N2, dan N1 (paling mahir). Bagi teman-teman yang berstatus lulusan engineeringbiasanya kemampuan berbahasa Jepang tidak bersifat mutlak. Kalaupun dipersyaratkan, paling-paling hanya level N5. Namun, beda ceritanya bagi teman-teman yang lulusan fakultas ekonomi dan sejenisnya (ilmu sosial). Kemampuan berbahasa Jepang yang harus dikuasai biasanya selevel N3.

Jangan lesu dulu, toh masih ada 3-4 bulan sampai Titian Karir Terpadu bulan Oktober 2013 nanti. No pain, no gain. So, be prepared!🙂

41 thoughts on “Ingin Kerja di Jepang? Bisa!

  1. Nabilah says:

    Maaf mau meralat..
    “kemampuan berbahasa Jepang terdiri dari lima level yaitu N1 (paling pemula), N2, N3, N4, dan N5 (paling mahir)”
    N1 justru yang paling mahir, sedangkan yg N5 itu yang paling pemula.
    Terima kasih.

  2. jaka sutrisno says:

    maaf mau tanya pak, saya pernah ikut program training IMM ke jepang dan bersertifikat dari IMM japan maupun dari JITCO,sertifikat bahasa jepang level 3, dan juga pernah training ke jepang dari perusahan program ILO, usia saya 37 th. apakah saya bisa ikut mendaftar bekerja ke jepang kembali pak ? atas perhatianya terimakasih

  3. Rahayu says:

    saya lulusan DI Teknik Farmasi ada peluang ga?usia 27 thn, bahasa jepang level paling dasar, lulusan swasta.Trims

  4. iman says:

    saya lulusan smk thun ini jurusan tekhnik komputer dan jaringan. apa ada kemungkinan untuk saya bisa bekerja di jepang. tolong jawab.

  5. Sarlein says:

    Sekarang saya berdomisili di jepang, pengen nyari kerja yg ada hubungannya dengan perusahaan indonesia, apakah saya bisa?

  6. meyonmayoness says:

    untuk lulusan pendidikan teknik busana S1 apakah ada lowongan untuk bekerja di Jepang..?

  7. Fuad Husni says:

    apakah ada lowongan kerja untuk IT (mis. software developer) ?
    untuk status lowongan kerjanya apakah magang atau kontrak?

  8. agus dwi waluyo says:

    pak saya pernah magang di jepang 3 tahun melalui imm japan umur 26 thun level bahasa N4 pa ada kesempatan kerja ke jepang ? Mohon info nya

  9. muchlis.s says:

    mas saya tertarik dengan program ini , saya dari batam mantan IMM saya ingin ikut program ini,
    bagai mana caranya supaya saya bisa ikut daftar, dan berapa biayanya

  10. satrya_chandra_pratama@yahoo.com says:

    Saya Lulusan S.1 Ilmu Politik dan Pemerintahan. Apakah ada lowongan untuk saya…dalam bahasa Jepang saya level N5 (Pemula)

  11. saya lulusan smk teknik listrik tahun ini tapi tidak bisa bahasa jepang kira2 bisa ap ndak ya kerja di jepang

  12. Deni sukmawan says:

    Lalau lulusan kampus bukan ITB bisa ikut daftar??

  13. sarlein says:

    Saya tertarik dengan program ini.
    Saya ingin tanya apakah program ini berlaku untuk orang indonesia yang berdomisili di Jepang?
    Latar belakang pendidikan saya: lulusan S1 Ilmu Hukum. mohon informasinya.

    Best Ragards, Sarlein

  14. Yohanes yong says:

    Mau minta informasi.

    Saya laki2. Umur 38 tahun, lulusan sarjana di bidang keuangan, saya adalah warga negara indonesia, ethnic tionghua pengalaman kerja di australia, di america serta di Indonesia. Aktif dan sangat menguasai di bahasa, mandarin dan juga bahasa english.
    Pernah bekerja di industry textile selama 10thn sebagai factory manager, di bidang makanan industry. Juga sebagi factory manager selama 2 tahun.
    Sangat ingin dan punya cita2 untuk bekerja ke jepang dan atau pun di luar negeri?? apakah ada kesempatan??? Atau ada lowongan. Minta bantuan nya.

  15. wisnu says:

    Kalo badanya bertatto masih boleh bekerja ke jepang???

  16. mas, saya lulusan smk jurusan teknik komputer dan jaringan, saya lumayan bisa berbahasa jepang,, apakah saya bisa bekerja di jepang…………? umur saya 20 tahun,,mohon jawabannya mas..

  17. izhan says:

    ini menggunakan visa kerja apa trainer? apa ada pendidikan diklat terlebih dahulu

    Terimakasih,,
    Salam

  18. aan.yt says:

    saya pernah di jepang 4.tahun tki ilegal tahun 92-96…apakah masih ada kesempatan lagi untuk ke jepang ….mohon infnya dan terima asih 081352722792

  19. aan.yt says:

    saya pernah di jepang 4.tahun tki ilegal tahun 92-96…sekarang umur saya 41.thn dan apakah masih ada kesempatan lagi untuk saya pergi ke jepang ….mohon infonya dan terima kasih 081352722792

  20. agus sohirin says:

    mas saya mau tannya saya sudah pernah magang ke japan, dan saya ingin bekerja lagi ke japan apakah ada cara dan lowongannya mas?? terimakasih

  21. waginati says:

    Maaf pak,,bagaimana klo yg mendaftar mantan TKI TAIWAN?HEHEE

  22. mas, saya tertarik dengan program ini, kemampuan bahasa jepang N3, score toeic 600, usia 23 tahun, untuk tahun 2014 program ini diadakan tanggal berapa?

  23. maaf pak saya mau tanya saya lulusan SD apa ada lowongan buat saya

  24. heri says:

    selamat pagi mas, saya saya ini sudah berumur 39 tahun dan saya sudah pernah magang ke jepang selama 3 tahun. saya masih mau bekerja di jepang dan untuk level nihon go no ryoshiken nya saya tidak berkesempatan mengikutinya.
    namun Insya Alloh, saya dapat berkomunikasi dalam bahasa jepang (lisan/tulisan hiragana-katakana) dan saat inipun saya bekerja dengan orang jepang yang datang sebagai advisor.
    mohon informasinya, bila ada kesempatan tersebut.
    terima kasih.
    yoroshiku onegaishimas.

  25. alif hamzah says:

    Apakah dengan lulusan sd saya bisa bekerja di jepang?
    Dan harus berumur berapa?
    Saya hanya anak miskin yang tidak bisa bersekolah sampai Sma!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: