Google+

Tips Wirausaha Tanpa Modal Besar Untuk Mahasiswa

1

May 20, 2013 by ITBCareerCenter

Ketika anda ingin mencoba memulai wirausaha terkadang terkendala dengan namanya dana atau modal. Seharusnya anda jangan takut tidak punya modal atau tidak punya dana karena beberapa wirausaha justru harus punya alternatif lain meskipun tidak punya dana. Berikut ini tips Mahasiswa menjadi Wirausaha Tanpa Modal Besar

1. Ajak sahabat atau rekan yang lebih mapan.
Terkadang kita mempunyai banyak teman atau rekan. Bahkan beberapa diantaranya tentunya lebih mapan secara finansial. Anda bisa mengajak mereka untuk ikut bergabung ke dalam bisnis yang akan anda rencanakan. Asalkan anda harus tahu cara membuat simpati mereka, membuat mereka mau tertarik bergabung dengan bisnis tersebut. Yakinkan ke mereka bahwa bisnis yang anda bangun ini memang sangat menjanjikan. Dan tentunya anda sendiri terlebih dahulu sudah yakin pula bahwa bisnis yang anda tekuni ini akan menghasilkan sesuatu nantinya.

2. Berkolaborasi bersama rekan-rekan lain.
Tips yang kedua ini hampir mirip seperti tips pertama. Hanya saja terkadang rekan kita tidak selalu mapan dalam hal finansial. Dalam kondisi seperti ini, anda bisa mengajak banyak rekan-rekan anda untuk berinvetasi bersama secara patungan dengan pembagian modal dan hasil yang jelas. Pastikan bahwa pembagian modal dan pendapatan nantinya adalah jelas. Ada orang yang berkontribusi secara nyata dalam bisnis tetapi tidak banyak berkontribusi secara modal. Tetapi ada juga mereka yang mau berkontribusi modal dengan banyak tetapi tidak mau terlibat terlalu detail dalam bisnis tersebut. Untuk itu sebaiknya harus ada perjanjian terlebih dahulu di awal tentang pembagian hasil atau pendapatan secara merata dan adil. Dan tentunya perjanjian tersebut telah disepakati bersama termasuk perhitungkan juga jika salah satu dari rekan anda akan keluar dari kolabarasi tersebut.

3. Kerja sampingan dimana hasil kerja dipakai untuk modal
Tips selanjutnya adalah anda dapat melakukan kerja sampingan dalam rangka untuk modal bisnis anda. Perhatikan bahwa kerja sampingan anda ini bukan untuk kehidupan sehari-hari justru untuk modal bisnis. Atau jika terdapat sisa setelah bisa dipakai untuk kehidupan sehari-hari dapat dipakai dalam modal. Pekerjaan sampingan yang dapat anda lakukan sebenarnya banyak sekali seperti memberikan les, menjadi pengajar/instruktur, menjadi asisten, terlibat dalam proyek dosen, dan lain-lain. Hasil dari kerja sampingan anda tersebut dapat anda putar sebagai modal kerja anda. Dengan demikian anda tentunya akan lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan modal anda secara pribadi dan modal bisnis anda. Pastikan pula anda jangan mencampurkan dana pribadi anda dengan dana bisnis anda. Hal ini untuk menghindari kerancuan dalam pengelolaan termasuk menghitung keuntungan atau kerugian bisnis anda.

4. Bergabung dalam inkubasi bisnis
Tips yang paling menjanjikan adalah bergabung dengan inkubasi bisnis di kampus atau beberapa organisasi yang membuanya. Konsep ini sepertinya yang paling mudah dikerjakan tetapi kita harus mempunyai konsep bisnis yang bagus dalam bentuk proposal bisnis yang bagus pula. Kita harus mampu meyakinkan para investor pada inkubasi bisnis tersebut agar mau menerima bisnis anda di inkubasi bisnis tersebut. Kelebihan dari model ini adalah anda mendapatkan modal bisnis termasuk tempat dari para investor. AKan tetapi beberapa keuntungan bisnis anda harus disetorkan kembali ke pengelola inkubasi bisnis tersebut. Beberapa perusahaan start up atau pemula berhasil berkembang menjadi besar dari inkubasi bisnis semacam ini. Dalam inkubasi bisnis ini nantinya anda juga akan dibekali berbagai pengetahuan dan pengalaman dan dituntut untuk segera menghasilkan sesuatu.  Setelah bisnis anda mulai besar, itulah saat yang tepat untuk mandiri dan keluar dari inkubasi bisnis tersebut.

5. Rajin ikut seminar kewirausahaan atau sejenisnya.
Tips ini memang tidak langsung serta merta mendatangkan modal. Tetapi dengan anda sering mengikuti seminar kewirausahaan, maka kemungkinan anda bertemu dengan orang-orang yang sama atau bertemu dengan calon investor semakin tinggi. Pada acara-acara tersebut biasanya orang mempunyai masalah yang sama. Sehingga dengan berjejaring tersebut akan semakin membuka jalan kepada para investor atau teknik-teknik mendapatkan modal usaha.

6. Bergabung bersama dengan dosen.
Tips yang selanjutnya adalah anda dapat mengajak dosen anda untuk turut bergabung mengembangkan sistem bisnis anda. Mengingat dosen dalam hal finansial lebih baik dari anda dan mempunyai jaringan yang lebih luas yang akan semakin membantu pemasaran bisnis anda. Tetapi anda harus perhatikan juga bagaimana pembagian (sharing) atas pendapatan yang anda peroleh. Pastikan juga bahwa anda punya peran yang sama atau bahkan lebih pada konsep kerjasama tersebut. Jangan sampai ujung-ujugnya adalah dosen anda sebagai pemilik dan anda sendiri bernasib sebagai karyawannya. Anda harus pastikan terus bahwa anda memiliki bisnis tersebut dan menjadi bagian dari owner dari bisnis tersebut. Setelah bisnis maju, anda harus pastikan tentang pembagian hasil yang baik dan rencana ke depan antara anda dengan dosen anda.

7. Cikal bakal dari sebuah unit kegiatan
Tips selanjutnya adalah anda dapat mengembangkan bisnis sebagai bagian dari aktivitas atau kegiatan dana usaha dari sebuah unit kegiatan. Sebuah unit kegiatan biasanya mempunyai modal untuk melakukan dana usaha atau fund rising. Dari kegiatan-kegiatan dana usaha tersebut anda dapat lanjutkan menjadi bisnis anda selanjutnya. Jika selama ini anda terlibat menjual makanan untuk penggalangan dana usaha sebuah unit kegiatan mahasiswa tertentu, maka anda bisa lanjutkan kegiatan tersebut sebagai kegiatan rutin bisnis anda.

Salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah keuletan. Kebanyakan orang gagal menjadi wirausaha karena terburu-buru ingin cepat kaya atau ingin cepat balik modal. Jadi anda harus sedikit bersabar dan tekun ketika pada masa-masa tertentu pendapatan anda masih sedikit bahkan merugi. Kunci ketekunan ini nantinya akan membawa anda kepada kemajuan usaha anda dengan syarat anda terus mengevaluasi kemajuan bisnis anda.

 

Sumber: http://pendidikansekolah.web.id/tips-wirausaha-tanpa-modal-besar-untuk-mahasiswa

One thought on “Tips Wirausaha Tanpa Modal Besar Untuk Mahasiswa

  1. arif says:

    dari semuanya hal yang diatas adalah komitmen yang paling penting, saya sudah merasakan kesemuanya yang diatas, dan semuanya kembali kepada mahasiswanya untuk selalu siap menerima resiko usaha yang terjadi.
    kalo mau serius dalam berusaha bekerjasamalah dengan swasta karena hitungan keuangannya lebih serius sehingga anda tidak bisa main2 dengan usaha yang ada jalankan, ini dunia usaha bung bukan dunia kampus lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: