Google+

Wawancara Titian Karir Terpadu di KLCBS (12/10/2012) – Bagian III

Leave a comment

March 1, 2013 by theyanirma

…sebelumnya

foto untuk wawancara klcbs okt12 (2)

Pusat Informasi di Titian Karir Terpadu (12-14/10/2012)

Q: Untuk masyarakat umum, tiket tergolong murah, ya, Pak. Dua puluh ribu rupiah untuk tiga hari. Kemudian, tadi juga dijelaskan bahwa akan ada presentasi. Boleh diceritakan tentang hal ini?

A: Setiap hari memang ada presentasi, selain pameran tentunya. Dari pagi sampai sore akan ada presentasi di mana satu perusahaan akan diberikan waktu satu jam. Ada tiga ruang presentasi, masing-masing berkapasitas sekitar 150 orang. Ketiga ruangan tersebut berderet seperti gedung film. “Penonton” tinggal memilih “film” mana yang mau ditonton. Biasanya perusahaan mempresentasikan tentang produk, proyek, dan hal lain yang sifatnya company profile. Setelah itu, perusahaan akan membeberkan kriteria orang seperti apa yang sedang mereka butuhkan. Lalu, ada sesi tanya jawab.

Q: Boleh tahu perusahaan apa yang akan presentasi?

A: Semuanya. Semuanya memiliki kesempatan untuk presentasi. Meskipun ada juga beberapa perusahaan yang memilih untuk tidak mengambil kesempatan tersebut.

Q: Pukul berapa presentasi dimulai?

A: Untuk besok (hari kedua, Sabtu 13 Oktober 2012), pukul 09:00 sudah mulai presentasi.

Q: Tentang job fair, apa yang perlu dipersiapkan oleh job seeker yang akan datang ke ITB Integrated Career Days?

A: Job seeker tentu harus membawa CV, cover letter, ijazah/surat keterangan lulus, foto. Sementara ini, formatnya kebanyakan masih hard copy. Sebenarnya, kami sudah memfasilitasi sistem online yang mendukung penggunaan soft copy. Tetapi saking banyaknya pengunjung di job fair, menggunakan hard copy pun it’s okay. Siapkan saja keduanya (hard copy dan soft copy).

Tips tambahan, sebaiknya job seeker sudah mengetahui perusahaan-perusahaan “incaran” sebelum datang ke lokasi. Daftar perusahaan yang bergabung bisa dilihat di http://karir.itb.ac.id/titiankarir. Biasanya, perusahaan sudah menampilkan kriteria yang mereka cari di web kami sebelum acara. Jadi, job seeker bisa membekali diri. CV sebaiknya tidak dibuat umum tetapi khusus untuk setiap perusahaan, menyesuaikan dengan posisi (vacancy) yang dilamar. CV sebaiknya tidak lebih dari dua halaman dengan berfokus ke posisi yang dituju. Peluang untuk diterima insya Allah lebih besar.

Terakhir, sebaiknya job seeker berpakaian rapi. Sebab, bisa jadi langsung diadakan walk-in interview. Setelahnya bisa diikuti oleh tes yang lain-lain dan bisa saja langsung direkrut.

Q: Tadi disebutkan ada perusahaan yang sampai punya tiga meja untuk walk-in interview?

A: Ya. Ada perusahaan yang menyewa satu ruangan berisi tiga meja (jalur) interview untuk seminggu, ada juga yang menyewa sampai tujuh ruangan tetapi hanya untuk sehari, dan lain-lain. Kalau boleh saya tambahkan, perusahaan ingin proses yang cepat. Sebab, ini adalah “bursa”. Kalau mereka tidak melakukan perekrutan secara cepat, kandidat yang mereka inginkan mungkin sudah diambil oleh perusahaan lain.

Q: Pak Bambang, sebenarnya adakah review dari industri tentang kualitas job seeker Indonesia dari acara job fair itu seperti apa?

A: Review yang datanya mendetail untuk seluruh job seeker memang belum ada. Namun, kami punya riset untuk lulusan ITB yang bernama User Satisfaction Survey yang dilakukan setiap tahun untuk feedback bagi kurikulum pendidikan ITB. Yang jelas, perusahaan secara umum puas dengan hard skill lulusan ITB. Tetapi masih sering dijumpai keluhan terkait dengan beberapa poin soft skill yang dimiliki lulusan ITB. Di antaranya (yang masih sering dikeluhkan) adalah kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim.

Q: Bagaimana cara meningkatkan soft skill?

A: Kalau di ITB, ada banyak kegiatan-kegiatan di bawah Lembaga Kemahasiswaan di mana mahasiswa didorong untuk aktif di kegiatan kemahasiswaan. Sebab, perusahaan tidak hanya mencari IP (indeks prestasi) yang tinggi. Lebih baik memiliki IP standar, katakanlah 3.00, tetapi didukung soft skill yang baik. Fungsi IP biasanya hanya untuk benchmark di awal perekrutan. Setelah itu, yang akan dinilai adalah attitude pada saat interview. Bagaimana cara menjawabnya, cara berpikirnya, seperti itulah. Nah, itu semua (soft skill) bisa dilatih dengan berorganisasi.

Q: Seberapa besar perusahaan mempertimbangkan soft skill?

A: Perusahaan ingin merekrut pegawai dengan soft skill yang baik. Orang-orang yang berhasil biasanya memiliki soft skill yang bagus. Terutama, kemampuan berkomunikasi yang gap-nya masih agak lebar (antara harapan perusahaan dengan kenyataan) untuk alumni ITB. 60-70 perusahaan responden setiap tahunnya menyatakan bahwa alumni ITB rata-rata memiliki kemampuan individu yang baik sekali tetapi memiliki gap yang lebar dalam kemampuan bekerja sama. Meskipun secara umum perusahaan menyatakan puas tetapi masih terdapat cukup banyak gap pada soft skill.

Q: Kita menjawab pertanyaan dari SMS yang masuk ya, Pak Bambang. “Untuk detail perusahaan yang berpartisipasi, selain melihar informasi lewat website, (kami) bisa mendapatkan informasi dengan menelepon ke mana?”

A: Bisa lewat telepon kantor ITB Career Center di 022-2509162 atau 022-2509177. Tapi informasi lengkap terkait profil perusahaan dan sebagian besar lowongan yang dibuka sebenarnya sudah dimuat di website kami di http://karir.itb.ac.id. Untuk panduan di lokasi, kami pun mencetak guide book yang dibanderol seharga Rp10.000 saja. Guide book berisi peta lokasi booth, foodcourt, informasi profil perusahaan yang berpartisipasi, lowongan yang dibuka, semua lengkap ada di sana.

…bersambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: