Google+

Wawancara Titian Karir Terpadu di KLCBS (12/10/2012) – Bagian II

Leave a comment

February 26, 2013 by theyanirma

…sebelumnya

foto untuk wawancara klcbs okt12 (4)

Suasana Press Conference Integrated Career Days (12/10/2012)

Q: Tadi disebutkan bahwa selain 74 perusahaan yang berpartisipasi, ada juga pameran kewirausahaan mahasiswa ITB ya, Pak? Boleh diceritakan?

A: Kebetulan untuk pameran kewirausahaan mahasiswa yang sekarang ada 33 booth. (Produknya) beragam mulai dari makanan, fashion, IT… bermacam-macam. Mereka mendapatkan dana dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Tadinya, kami merencanakan untuk membuat 80 booth dengan mengajak serta mahasiswa wirausaha yang menjadi pemenang BNI Mitra Kampus. Namun, BNI menolak karena mereka berencana mengadakan pameran wirausaha secara terpisah.

Q: Ini adalah pertama kalinya pameran kewirausahaan mahasiswa diadakan, Pak?

A: Tidak. Akan tetapi, ini adalah pameran kewirausahaan mahasiswa pertama yang disatukan dengan ITB Integrated Career Days. Kami sering mendapatkan masukan, “Mengapa hanya memfasilitasi alumni yang mencari kerja? Kalau yang mau memberi pekerjaan, di mana (tempatnya)?” Padahal, kami pun menyediakan namun terpisah. Jadi, untuk sekarang kami mencoba menggabungkan keduanya.

Q: Boleh disebutkan beberapa perusahaan di antara 74 perusahaan yang berpartisipasi?

A: Yang pertama ada PT Pertamina dengan ukuran booth terbesar karena merupakan sponsor Platinum. Kemudian, ada PT Astra International Tbk yang membuat “kampung” sendiri karena mengikutsertakan lowongan kerja dari sekitar 10 anak perusahaannya. Ada ExxonMobil Indonesia, Telkom Group, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), PT Kaltim Prima Coal (KPC), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Oberthur Technologies, PT Berau Coal, PT Chevron Pacific Indonesia, Petroleum Geo Services (PGS), Baker Hughes Indonesia, Schlumberger, ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd.,  PT Pamapersada Nusantara, BP Indonesia, Bintang Pelajar Institute, Jobsmigas, Bank Mandiri, Prasetya Mulya Business School, PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII), PT Manulife Financial, PT Samsung Electronics Indonesia, PT Solusi Rekatama Makmur, The Jakarta Post, PT Toshiba Corporation, PT Mattel indonesia, PT Lautan Luas Tbk, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), Asia Pacific Resources International Holdings Ltd. (APRIL), PT Valuestream International, PT Aplikanusa Lintasarta, PT Bursa Efek Indonesia, PT Prima Vista Solusi, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Toyota Astra Motor, PT Ultra Prima Abadi, PT First Media Tbk, PT Multipolar Tbk, PT Sakti Mas Mulia, PT Gunung Bara Utama, Transocean, PT Online Biz Indonesia, GlaxoSmithKline Indonesia, PT Multistrada Arah Sarana Tbk, Accenture, PT Surya Citra Televisi (SCTV), PT Sinar Inti Indoraya Group (SIIG), PT Paragon Technology & Innovation (Wardah Cosmetics), PT Novell Pharmaceutical Laboratories, Blue Bird Group, Isuzu Sales Operation, Astra Credit Companies (ACC), Information Desk Astra, Astra Honda Motor, Astra Otoparts, PT Henkel Indonesia, PT Artajasa Pembayaran Elektronis, PT Artajasa Pembayaran Elektronis, PT Midplaza Group, PT Putra Bangun Citra Mandiri, Danone, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia, PT Duta Anggada Group, PT Multi Adiprakarsa Manunggal (KARTUKU), PT Emerson Indonesia, Standard Chartered Bank, PT Valbury Asia Future, PT Bio Farma, PT Aneka Tambang (Antam) Persero, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), Bank Danamon, Citibank, dan PT Kreasi Edulab Indonesia.

Q: Jadi, bervariasi, ya. Ada industri pertambangan, makanan, pendidikan, farmasi, perbankan, banyak sekali. Tiketnya berapa, Pak Bambang?

A: Tiketnya Rp20.000 untuk nonmember, itu berlaku tiga hari.

Q: Nonmember itu maksudnya bagaimana?

A: Kalau sudah menjadi member ITB Career Center, dia sudah punya username dan password. Jadi, ia tinggal mencetak tiket online yang statusnya sudah aktif. Di tiket akan tertera nama, asal kampus, dan asal program studinya. Registrasi bisa dilakukan di situs ITB Career Center di http://karir.itb.ac.id.

Q: Apa manfaat menjadi member ITB Career Center?

A: Manfaatnya sangat banyak. (Lebih praktis,) kita bisa membuka (informasi) dari handphone sendiri. Pertama, dapat informasi job vacancy. Lowongan apa saja yang sedang dibuka? Setiap hari, rata-rata ada 40 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Setiap dua hari sekali, rekap dari seluruh lowongan ini akan dikirimkan ke e-mail masing-masing member. Jadi, mereka tidak perlu berlangganan koran untuk mencari lowongan ini-itu. Cukup membaca e-mail dari kami. Selain itu, mereka bisa log in dengan menggunakan username dan password tersebut, membaca lowongan pekerjaan, dan klik “apply” untuk lowongan pekerjaan yang diinginkan. Dengan menekan tombol “apply”, perusahaan (tujuan) secara otomatis dapat melihat CV, foto, dan cover letter-nya. Perusahaan tinggal memanggil untuk interview (apabila dirasa cocok). Jadi, tidak memakai hard copy lagi karena semuanya serba online. Sebab, proses mengisi CV, upload foto, dan lain-lain, sudah dilakukan pada saat pendaftaran menjadi member. Satu lagi (keuntungan menjadi member), masuk ITB Integrated Career Days kapanpun sudah pasti gratis selama masa keanggotaannya masih aktif. Khusus untuk mahasiswa dan alumni ITB, mereka bisa registrasi menjadi member kapanpun secara gratis dan masa keanggotaannya berlaku seumur hidup. Untuk non-ITB, terdapat pilihan masa keanggotaan 3 bulan, 6 bulan, atau seumur hidup.

…bersambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: