Google+

6 Cara agar dihormati di tempat kerja

Leave a comment

February 15, 2013 by ITBCareerCenter

Tak ada alat manajemen yang lebih penting daripada rasa hormat, baik dari atasan maupun dari bawahan. Jika Anda sudah mendapatkan respek dari rekan kerja, maka semua orang akan mendengarkan perkataan dan mengambil tindakan ketika diperintahkan. Tanpa rasa hormat dan respek, Anda hanya akan jadi bahan tertawaan saja.

Inc.com (22/10) memberikan beberapa tips ampuh berikut ini untuk mendapatkan rasa hormat di tempat kerja.

1. Autentik
Rekan kerja tak akan menaruh hormat pada orang yang hanya ikut-ikutan atau berpura-pura menjadi orang lain. Manusia memiliki kemampuan alami untuk mendeteksi kepalsuan dan akan menaruh prasangka, bukannya rasa hormat. Menjadi diri sendiri adalah langkah dasar untuk mendapatkan rasa hormat.

2. Rasa ingin tahu
Ketika Anda benar-benar merasa ingin tahu dan tertarik dengan orang lain, Anda akan mendengarkan dan benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan. Ketika orang lain tahu diri mereka didengarkan, mereka akan memberitahu Anda apa yang penting bagi mereka. Ini tak hanya membuat orang menghargai Anda, tetapi juga membantu Anda melakukan pekerjaan dan mengetahui cara membantu mereka.

3. Jangan ikut bergosip
Tempat kerja adalah ladang subur bagi tumbuhnya gosip. Tak hanya masalah pekerjaan tetapi juga masalah pribadi seseorang. Meski sangat mudah memanfaatkan gosip di tempat kerja untuk kepentingan politik, namun jangan lakukan hal itu. Tak akan ada orang yang menghormati tukang gosip. Ketika orang lain menganggap Anda tukang gosip dan tak bisa dipercaya, maka Anda akan kehilangan kesempatan mendapatkan rasa hormat.

4. Jadi unik
Orang menghormati keunikan dan perbedaan, terutama jika keunikan tersebut susah ditemukan. Tentukan bidang minat Anda pada bisnis atau industri. Jadikan hal tersebut hobi dan pelajarilah setiap hari sampai Anda menjadi mahir. Ketika sudah menguasainya akan banyak orang yang datang dan bergantung pada Anda untuk mengambil keputusan mengenai bidang tersebut.

5. Menolong orang lain
Menjadi orang yang selalu memberikan kontribusi dan menolong orang lain adalah hal yang akan membuat Anda mendapatkan respek dari orang lain. Tak ada ruginya menolong orang lain mendapatkan hal yang mereka inginkan. Dalam dunia kerja ini bisa jadi membantu teman melakukan pekerjaannya. Ingat, seberapa besar bantuan dan kontribusi yang Anda berikan, sebesar itu pulalah respek yang akan Anda dapatkan.

6. Tetapkan batasan
Tak ada orang yang menghormati pemaksa dan orang yang mau dipaksa-paksa. Jadi, salah satu cara mendapatkan respek adalah menetapkan batasan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Ketika mendapatkan pekerjaan yang jelas mustahil, maka jelaskan seberapa besar yang bisa Anda berikan dengan waktu yang diharapkan. Ketika seseorang menjadi terlalu bergantung pada Anda, beritahu secara tegas seberapa besar bantuan yang bisa Anda berikan pada mereka. Semakin kuat batasan yang Anda buat, semakin besar juga respek yang diberikan orang pada Anda.

Itulah enam cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan respek di tempat kerja. Selamat mencoba!

Sumber: http://www.merdeka.com/gaya/6-cara-agar-dihormati-di-tempat-kerja.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: