Google+

ITB Bekali Lulusannya dengan Hard Skill dan Soft Skill (25/05/2012)

Leave a comment

January 14, 2013 by ITBCareerCenter

 

BANDUNG, itb.ac.id – Memasuki dunia baru usai menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, para sarjana tidak cukup dengan hanya berbekal kemampuan teknis. Pengetahuan umum, kemampuan bersosialisasi, dan bekerja sama merupakan hal yang tak kalah penting dimiliki oleh para sarjana. Menyadari hal tersebut, ITB mempersiapkan lulusannya dengan hard skill dan soft skill.

“ITB berkomitment meningkatkan kualitas para lulusan,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Kadarsyah Suryadi saat pembukaan ITB Integrated Career Days, Jumat (25/5) di Aula Timur.

Kadarsyah menjelaskan, sejak masuk ITB, para mahasiswa diberikan pembinaan soft skillsehingga mereka tidak hanya menguasai masalah akademik, tapi juga mampu menjalin hubungan dengan masyarakat sekitarnya.

ITB memiliki berbagai organisasi kemahasiswaan, mulai dari Keluarga Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, yang dapat mendukung kegiatan non-akademik dan mendewasakan kemampuan berorganisasi. Selain itu, Kadarsyah mengatakan, para mahasiswa dibekali pula dengan pelatihan kepemimpinan.

“Juga pembekalan kewirausahaan yang dikoordinasi oleh ITB Career Center,” kata dia.

Beliau mengatakan, ITB memiliki tanggung jawab moral yang besar bagi kemajuan pembangunan dan industri. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan ITB adalah dengan mempersiapkan generasi masa depan yang memiliki kemampuan baik hard skill maupun soft skill, serta memiliki etika.

Lebih lanjut, pada pembukaan Career Days yang berlangsung selama tiga hari ke depan, ia menyatakan bahwa Career Days merupakan kesempatan bagi universitas dan perusahaan untuk melakukan interaksi industri. Bagi para lulusan universitas, kesempatan ini bisa mempersingkat waktu menunggu mereka untuk bekerja. Sementara bagi perusahaan, Career Days berguna untuk mencari profil mahasiswa yang paling tepat bagi perusahaan tersebut.

“Selama ini ITB telah menjadi menjalin hubungan yang harmonis dengan semua industri yang menjadi mitra, hal ini terus kami kembangkan,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, beliau juga berpesan agar perusahaan yang telah merekrut lulusan ITB memberikan umpan balik dan masukan mengenai kinerja lulusan ITB. Hal tersebut akan menjadi pelajaran berharga bagi ITB untuk terus meningkatkan kualitas lulusannya.

Sebanyak 51 perusahaan bekerja sama dengan ITB Integrated Career Days kali ini. “Sebenarnya perusahaan yang ingin ikut bergabung lebih dari 60. Namun saat ini kami hanya bisa memfasilitasi 51 perusahaan,” ujar Kepala Career Center ITB Bambang Setiabudi.

Kadarsyah berpesan, bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, mereka bisa menghubungi Career Center ITBatau langsung ke fakultas yang bersangkutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: