Google+

Wawancara Titian Karir Terpadu di Oz Radio (10/10/2012)

Leave a comment

December 20, 2012 by theyanirma

Wawancara ini dilakukan secara on air alias disiarkan langsung melalui saluran Oz Radio. Pewawancara adalah penyiar Oz Radio, sedangkan narasumber adalah Direktur ITB Career Center Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST, MT. Topik wawancara adalah seputar Titian Karir Terpadu ITB (ITB Integrated Career Days) yaitu kegiatan akbar yang digelar oleh ITB Career Center dua kali setahun setiap bulan April/Mei dan Oktober.

16:00-17:00

Rabu, 10 Oktober 2012

director itb cc

Question (ditanyakan oleh penyiar Oz Radio): Apakah mahasiswa yang belum lulus boleh mengikuti Titian Karir Terpadu atau Integrated Career Days ini?

Answer (dijawab oleh Direktur ITB Career Center): Tentu. Mahasiswa seringkali datang untuk mencari perusahaan terbaik yang akan dituju setelah lulus nanti.

Q: Kapan Integrated Career Days ini akan dimulai? Jam berapa acara dimulai? Di mana tempat penyelenggaraan?

A: Kegiatan ini akan dimulai Jumat, 12 Oktober 2012, sampai dengan Minggu, 14 Oktober 2012. Hari Jumat, acara akan dimulai pukul 08:00-17:00. Hari-hari selanjutnya, acara dimulai pukul 09:00-17:00. Acara diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha (SABUGA).

Q: Apa tujuan lain dari kegiatan ini selain mengarahkan mahasiswa/alumni untuk mengetahui dunia kerja dan/atau meng-apply pekerjaan di perusahaan impian?

A: Sebetulnya, begini. ITB punya tiga kali kegiatan wisuda dalam setahun yaitu pada bulan April, Juli, dan Oktober. Kami menggelar Titian Karir Terpadu setiap bulan April dan Oktober. Mengapa? Sebab, ada wisuda. Ada banyak alumni baru. Oleh karena itu, kami mengundang perusahaan-perusahaan ke ITB untuk menjemput bola. Bagi alumni, mereka bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus tanpa harus pergi jauh-jauh ke tempat lain. Bahkan, mereka bisa melamar pekerjaan hanya dengan klik “apply” di website kami.

Q: Ada berapa banyak perusahaan yang ikut serta pada acara ini?

A: Yang sudah tercatat ada 74 perusahaan.

Q: Wow! Semoga saja mahasiswa tidak kebingungan saking banyaknya perusahaan yang bergabung. Menurut Bapak, apa saja kriteria-kriteria yang diharapkan perusahaan dari para pendaftar agar dapat diterima?

A: Masing-masing perusahaan membuka job vacancy dalam jumlah yang berbeda-beda. Ada perusahaan yang membuka 10 job vacancy, 30, atau ada juga yang hanya membuka 5. Setiap job vacancy memiliki requirements tersendiri yang tidak terbatas hanya kepada IPK. Jangankan setiap perusahaan, setiap job vacancy pun memiliki kriterianya masing-masing. Nanti, pengunjung bisa melihat perusahaan sedang membuka lowongan apa. “Kira-kira, saya cocoknya di mana?” Lowongan-lowongan ini bisa dilihat di web http://karir.itb.ac.id atau pada saat acara Titian Karir Terpadu. Di booth masing-masing perusahaan, mereka memajang informasi lowongan pekerjaan yang sedang open.

Q: Jadi, tidak bisa disamakan?

A: Ya, (kriterianya) berbeda-beda.

Q: Apa syarat untuk pergi ke acara ini?

A: Bagi yang sudah menjadi member di ITB Career Center, mereka tinggal cetak tiket online secara masing-masing. Tiket bisa didapatkan di http://karir.itb.ac.id. Bagi anggota, tiket sudah berstatus aktif sehingga biaya masuk: gratis. Bagi yang belum menjadi member, cetak tiket tetap bisa dilakukan sendiri tetapi masih perlu diaktifkan pada saat on the spot atau sekarang juga di kantor kami.

Q: Berapa biaya yang dibutuhkan (untuk mengaktifkan tiket bagiselain anggota)?

A: Biayanya murah sekali, hanya Rp20.000 untuk tiga hari.

Q: Siapa yang menjadi target pengunjung ITB Integrated Career Days? Apakah hanya mahasiswa ITB atau juga dari kampus lain?

A: Acara ini terbuka untuk umum. Memang benar bahwa acara ini khususnya diperuntukkan bagi ITB karena digelar berdekatan dengan wisuda, namun biasanya pengunjung dari perguruan tinggi lain banyak sekali bahkan melebihi pengunjung yang merupakan mahasiswa ITB. Lulusan ITB (pada satu sesi wisuda) biasanya hanya sekitar 2,500 orang. Akan tetapi, jumlah pengunjung tahun lalu mencapai 20,000. Sebab, pengunjung berasal dari perguruan tinggi baik yang berada di Bandung, pulau Jawa, maupun luar Jawa.

Q: Banyak sekali pengunjungnya ya, Pak. Tetapi pasti ada juga mahasiswa yang berpikir kalau sudah ada banyak job fair di luar sana. Apa yang membedakan ITB Integrated Career Days dengan job fair lainnya?

A: Benar, sebetulnya event semacam ini cukup banyak diadakan oleh lembaga lain atau perusahaan. Yang biasanya membedakan dengan di ITB adalah skala perusahaan peserta. Biasanya, yang datang ke ITB adalah perusahaan-perusahaan dari skala menengah ke atas. Perusahaan-perusahaan besar, ternama, bahkan perusahaan multinasional. Mungkin sekitar 60-70% adalah perusahaan multinasional. Di tempat lain, biasanya masih banyak perusahaan menengah ke bawah yang ikut serta. Di ITB, pasarnya berbeda.

Q: Ada pertanyaan yang datang lewat SMS dari pendengar kami di Pasteur. “Perusahaan-perusahaan itu seringkali mencari pekerja yang berumur berapa?”

A: Kalau tentang umur, sebenarnya tidak ada batasan yang jelas. Ada perusahaan yang mencari pegawai berumur tua khususnya untuk experienced worker. Porsi paling besar biasanya perusahaan mencari fresh graduate. Tetapi ada juga perusahaan yang mencari mahasiswa yang hampir lulus sehingga mereka bisa langsung bekerja begitu lulus. Atau, yang tadi itu, yang sudah bekerja 2-3 tahun di tempat lain alias sudah experienced. Mereka mungkin saja mencari-cari peluang bekerja di tempat yang lebih baik, nah yang itu pun perusahaan oke, welcome.

Mengenai usia, perusahaan tidak terlalu mempermasalahkan. Strata pendidikan, memang (penting). Untuk mengikuti job fair di ITB, strata pendidikan minimal adalah D3, selanjutnya S1, S2, S3. Tetapi ada juga perusahaan yang mencari lulusan SMA walaupun jumlahnya sangat sedikit.

Q: Ini nyambung dengan pertanyaan selanjutnya, Pak. “Kalau lulusan SMA bisakah datang ke acara ini? Kira-kira adakah perusahaan yang mencari lulusan SMA?” Sudah terjawab, ya, Pak. Yang ini pertanyaan dari saya, Pak. Ada rangkaian acara apa saja di SABUGA nanti?

A: Di sana juga ada bimbingan konseling, ada rekrutmen, ada pameran industri, dan masih banyak lagi. Di career counseling, kita bisa konsultasi langsung dengan psikolog. Ada empat psikolog yang stand by dalam sehari.

Q: Ada pertanyaan lagi dari pendengar kami di Kopo. “Di sana (career days) perusahaan yang ikut bakal ngapain aja?”

A: Pertama, mereka akan melakukan pameran seperti menerangkan mereka punya proyek apa saja, punya operasi di mana saja, seperti itu. Setelah itu, mereka akan presentasi. Setiap perusahaan punya jadwal presentasi masing-masing yang tersebar di tiga ruangan besar. Ibaratnya, pengunjung seperti pergi ke gedung film dan memilih “film” mana yang mau ditonton. Masing-masing perusahaan punya waktu presentasi satu jam. Jadi, dari pagi sampai sore akan terus ada presentasi. Tidak pernah berhenti.

Perusahaan juga melakukan rekrutmen. Mereka langsung terima CV, interview, lalu kalau mereka merasa cocok bisa saja langsung mengangkat (pelamar). Namun, bisa juga tes perekrutan dilaksanakan selama seminggu penuh. Tes perekrutan sendiri bermacam-macam. Biasanya, ada interview, tes potensi akademik, psikotes, FGD… tergantung perusahaan.

Khusus untuk event Titian Karir Terpadu atau Integrated Career Days, seluruh informasi bisa diakses melalui http://karir.itb.ac.id/titiankarir atau melalui akun media sosial ITB Career Center di Facebook, Twitter, YouTube, Google+, dan LinkedIn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: