Google+

Wawancara Titian Karir Terpadu di Radio-B (11/10/2012)

Leave a comment

December 13, 2012 by theyanirma

Wawancara ini dilakukan secara on air alias disiarkan langsung melalui saluran Radio-B. Pewawancara adalah penyiar Radio-B, sedangkan narasumber adalah Direktur ITB Career Center Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST, MT. Topik wawancara adalah seputar Titian Karir Terpadu ITB (ITB Integrated Career Days) yaitu kegiatan akbar yang digelar oleh ITB Career Center dua kali setahun setiap bulan April/Mei dan Oktober.

09:00-10:00

Kamis, 11 Oktober 2012

director itb cc

Question (ditanyakan oleh penyiar Radio-B): Pak Bambang, bisakah Bapak menjelaskan apa itu Integrated Career Days?

Answer (dijawab oleh Direktur ITB Career Center): Integrated Career Days adalah satu program yang sudah berjalan selama lebih dari 12 tahun. Sejak tahun 2011, Integrated Career Days dilaksanakan dua kali setahun. Biasanya, acara ini diadakan setiap bulan April dan Oktober. Di bulan-bulan itu memang ITB sedang melakukan wisuda. Selain wisuda bulan April dan Oktober, sebenarnya ada juga wisuda bulan Juli tetapi (jumlah lulusan yang diwisuda) tidak terlalu banyak. Jadi, Integrated Career Days kami adakan seminggu sebelum atau sesudah wisuda. Begitu lulus, akan banyak perusahaan yang “datang” untuk mereka. Mereka tidak perlu pergi ke luar kota untuk melamar pekerjaan. Mereka tinggal datang ke ITB untuk menemui perusahaan-perusahaan yang sedang menjemput bola.

Rangkaian kegiatannya sendiri terdiri dari pameran, presentasi, training, dan tes perekrutan. Sehingga, antara waktu kelulusan dengan waktu diterima kerja nyaris tidak ada jeda. Akan tetapi, Integrated Career Days ini tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan ITB. Meskipun tujuan utama kegiatan ini adalah bagi mahasiswa/alumni ITB, 65% pengunjung biasanya justru berasal dari luar. Pengunjung dari ITB biasanya sekitar 5,000, sedangkan 15,000+ berasal dari universitas lain, baik yang di pulau Jawa maupun luar Jawa.

Q: BLovers yang mendengar ‘career days’ tentu langsung menyiapkan CV dan persiapan lainnya. Apa saja persyaratan bagi job seeker yang ingin mengikuti acara ini?

A: Bagi yang sudah lulus, ia harus menyiapkan ijazah, CV, cover letter bagi perusahaan incaran. Lebih enak lagi kalau ia sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari dengan menjadi member di ITB Career Center. Sehingga, seluruh copy dari ijazah, CV, dan foto sudah masuk ke sistem. Tinggal klik “apply”, ia sudah otomatis terdaftar secara online.

Q: Mbak Fitri, boleh dijelaskan acara ini diadakan dari tanggal berapa sampai dengan tanggal berapa dan rangkaian acaranya seperti apa?

A: Acara ini diadakan dari tanggal 12 yaitu hari Jumat sampai dengan 14 Oktober 2012 yaitu hari Minggu. Pembukaan (pada hari pertama) diadakan dari jam 08:00-10:00 pagi. Rencananya, pembukaan akan dilakukan oleh Rektor ITB dan Direktur Utama PT Pertamina. Untuk hari Sabtu dan Minggu, acara diadakan dari pukul 09:00-17:00.

Q: Bagaimana pengaturan waktu untuk seluruh kegiatan acara? Kalau ada peserta yang ingin mengetahui jadwal pelaksanaan, di mana mereka bisa mendapatkannya?

A: Benar, ada jadwal pelaksanaan acara misalnya kapan diadakan sesi career counseling, tes tertulis, wawancara, dan lain-lain. Cara melihatnya, bisa dengan membuka langsung web http://karir.itb.ac.id. Di situ, informasinya lengkap.

Q: Berapa jumlah perusahaan yang mengikuti kegiatan ini? Boleh disebutkan beberapa?

A: Lebih dari 70 perusahaan. Diantaranya yaitu Pertamina, Astra International Group, Telkom Group, ExxonMobil, dan lain-lain.

Q: Wow, perusahaan-perusahaan besar, ya. Pada umumnya, apakah mereka mencari fresh graduate, Pak Bambang? Apakah job seeker yang sudah berpengalaman boleh mendaftar?

A: Pada umumnya, ya (mereka mencari fresh graduate). Namun, selain mencari fresh graduate, banyak juga perusahana yang mencari experienced job seeker. Toh, biaya mengikuti acara ini memang lebih murah dibandingkan apabila masing-masing perusahaan tersebut mengadakan acara perekrutan sendiri.

Q: Tadi, Bapak sempat menyinggung tentang menjadi member di ITB Career Center. Apakah itu?

A: ITB Career Center adalah suatu unit di bawah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Kami memiliki sistem membership. Untuk mahasiswa/alumni ITB, membership ini bersifat gratis dan seumur hidup. Mungkin kalau ia sudah meninggal dan tidak ada laporan ke kita, ia akan tetap terdaftar di sistem. Untuk mahasiswa/alumni perguruan tinggi lain, ada skema keanggotaan sendiri mulai dari 3 bulan, 6 bulan, sampai dengan seumur hidup. Pendaftaran bisa dilakukan baik secara online maupun dengan datang langsung ke kantor kami, di mana pembayaran bisa dilakukan dengan transfer.

Q: Apa saja benefit dari menjadi anggota?

A: Pertama, ia bisa tahu terus informasi job vacancy yang sedang dibuka oleh perusahaan-perusahaan. Informasi ini akan dikirimkan melalui e-mail setiap dua hari sekali. Apabila tertarik, anggota tinggal membuka web kami dan klik “apply”. Ia tidak perlu lagi mengirimkan lamaran terpisah kepada perusahaan.

Q: Konon, Titian Karir Terpadu selalu dibanjiri peserta. Berapa banyak peserta pada Titian Karir Terpadu bulan Mei 2012 silam?

A: Pengunjung pada Titian Karir Terpadu mencapai 9,000 per harinya.

Q: Dari sekian banyak pengunjung, berapa banyak yang direkrut?

A: Kalau itu, kami tidak memiliki data yang valid. Sebab, tidak semua perusahaan memberikan informasi ke kami. Namun, perusahaan-perusahaan besar tentu akan membutuhkan sumber daya manusia dalam skala yang juga besar.

Q: Bisa dikatakan bahwa acara ini adalah “bursa kerja” yang juga diadakan oleh banyak lembaga lainnya. Apa bedanya “bursa kerja” milik ITB Career Center ini dengan acara-acara serupa?

A: Jumlah perusahaan yang berpartisipasi di ITB lebih banyak. Selain itu, ada fasilitas seperti counseling career di mana kita bisa curhat seputar karier kepada psikolog.

Q: Untuk ikut serta di acara ini, adakah investasi (yang harus dikeluarkan) bagi job seeker?

A: Bagi yang sudah menjadi anggota di ITB Career Center, (investasinya) free. Mereka tinggal cetak tiket online di http://karir.itb.ac.id yang statusnya sudah aktif. Bagi non-member, mereka juga harus mencetak tiket online –hanya saja statusnya masih belum aktif. Pengaktifan tiket ini bisa dilakukan di kantor kami maupun di tempat pelaksanaan acara pada hari-H.

Q: Ini ada sms dari BLovers, “Malas datang ke job fair karena panas.” Kira-kira, di ITB panas atau tidak?

A: Tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah di sasana Budaya Ganesha (SABUGA). Main hall dilengkapi dengan full AC. Jadi, insya Allah tidak akan panas. Selain di main hall, kegiatan juga akan bertempat di koridor. Kami memanfaatkan bagian luar gedung sebagai tempat parkir, food court, dan pameran kewirausahaan mahasiswa.

Q: Siapa saja yang mengikuti pameran kewirausahaan mahasiswa?

A: Tiga puluh tiga mahasiswa ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Lokasi & Jam Layanan

+62 (0)22 - 2509177
Buka: 9.00 - 16.00
Istirahat: 12.00 - 13.00
%d bloggers like this: